Cara Jualan di TikTok
Tips

17 Cara Jualan di TikTok beserta Syarat dan Tipsnya

Cara Jualan di TikTok – Dahulu, TikTok hanya dikenal sebagai aplikasi yang digunakan oleh mereka yang suka menampilkan gerakan tarian, tetapi sekarang telah mengalami perubahan menjadi sebuah platform yang kaya akan fungsi dan menarik dengan banyak fitur yang beragam.

Salah satu fitur terbaru dari TikTok adalah TikTok Shop. Fitur ini merupakan solusi untuk kebutuhan jual beli online, yang mempermudah para pengguna TikTok serta pelaku bisnis dalam memasarkan dan menjual produk mereka. TikTok Shop hadir sebagai respons terhadap pertumbuhan penjualan produk melalui media sosial.

Penggunaan TikTok Shop memiliki cakupan yang luas dan umumnya mendapatkan tanggapan positif dari penggunanya. Terdapat berbagai jenis produk yang ditawarkan dengan merek-merek yang beragam, yang tentunya dapat memikat minat orang untuk melakukan pembelian.

Proses berjualan di TikTok Shop tergolong sederhana dan biaya yang diperlukan pun terjangkau. Sebagai penjual, kamu mendapatkan akses ke pusat penjual, di mana kamu dapat mengunggah serta mengelola informasi mengenai daftar produk yang ingin ditampilkan kepada pengguna TikTok melalui fitur TikTok Shop.

Selain itu, kamu sebagai penjual juga berkesempatan untuk memberikan diskon harga serta hadiah menarik kepada calon pembeli. Bahkan, strategi pemasaran dan penjualan di TikTok memiliki potensi untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan omzet penjualan jika dilaksanakan dengan tepat dan sesuai target yang ditetapkan.

Fitur TikTok Shop difokuskan pada proses menerima pesanan, memproses transaksi penjualan, dan melacak pengiriman produk. Oleh karena itu, memasarkan dan menjual produk melalui TikTok Shop merupakan langkah yang cukup menjanjikan dan patut dicoba.

Syarat Jualan di TikTok

Untuk dapat menjalankan aktivitas jual-beli di platform TikTok, tentunya ada beberapa persyaratan yang perlu di penuhi, diantaranya:

  • Berumur minimal 18 tahun.
  • Sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Paspor.
  • Terlibat secara aktif dalam mengunggah video dan memiliki paling tidak 50 tayangan video dalam kurun waktu 28 hari terakhir.
  • Memiliki rekening bank yang sah.
  • Produk yang ditawarkan dalam toko Anda dan konten yang diunggah sesuai dengan peraturan yang berlaku di TikTok.

Cara Jualan di TikTok

Setelah semua persyaratan di atas telah terpenuhi, langkah-langkah berikutnya yang perlu diambil agar dapat melakukan cara jualan di TikTok adalah sebagai berikut:

1. Mengunjungi Laman TikTok Shop

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengakses laman resmi TikTok Shop melalui https://seller-id.TikTok.com/account/welcome.

2. Registrasi atau Masuk Akun TikTok

Setelah sampai di laman TikTok Shop, langkah berikutnya adalah mendaftar atau masuk menggunakan akun TikTok. Jika kamu belum memiliki akun, pilih ‘Daftar’ dan isi nomor telepon atau alamat email untuk membuat akun baru.

3. Mengisi Data

Setelah berhasil masuk, langkah selanjutnya adalah melengkapi data pribadi yang diperlukan sebagai penjual. Kamu perlu memilih tipe bisnis (perorangan atau perusahaan) dan, jika bisnis perorangan, mengunggah informasi verifikasi seperti KTP atau paspor.

Selain itu, Kamu harus mengunggah salinan foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png dengan ukuran maksimal 10 MB.

4. Melengkapi Informasi Toko

Setelah pengisian data pribadi, lanjutkan dengan melengkapi informasi mengenai toko kamu. Ini meliputi nama toko, alamat, kategori bisnis, deskripsi produk, dan lain-lain.

5. Memilih Persetujuan

Langkah berikutnya adalah memilih persetujuan untuk mengikuti semua syarat dan ketentuan yang diberikan oleh TikTok Shop. Jika Anda setuju, pilih opsi ‘otoritaskan’.

6. Menambahkan Produk

Langkah selanjutnya adalah menambahkan produk yang ingin Anda jual. Setelah akun TikTok Shop kamu dibuat, kamu dapat mengunggah gambar produk beserta deskripsi, nama produk, kategori, dan merek produk.

Jika ingin menambahkan merek baru, kamu perlu mengunggah dokumen yang membuktikan kepemilikan atau hak penjualan merek tersebut. Jika tidak ada dokumen, pilih ‘No Brand’.

7. Menghubungkan Akun dengan Rekening Bank

Setelah langkah-langkah di atas diselesaikan, langkah terakhir adalah menghubungkan akun TikTok Shop dengan rekening bank. Kembali ke halaman utama, pilih opsi ‘Link Bank Account’, dan ikuti instruksi untuk menghubungkan rekening bank.

8. Membuat Konten yang Menarik

Setelah akun TikTok Shop kamu dibuat, langkah berikutnya adalah menciptakan konten menarik untuk produk. Konten yang menarik akan membantu menarik perhatian calon pembeli.

9. Membuat Katalog Produk yang Menarik

Selain konten, penting juga untuk membuat katalog produk yang menarik. Katalog ini akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli.

10. Menggunakan Judul Produk 34 Karakter

Usahakan untuk menggunakan judul produk yang tidak melebihi 34 karakter agar tetap terlihat jelas dalam tampilan TikTok.

11. Menulis Caption yang Kreatif

Caption juga memiliki peran penting dalam berjualan di TikTok. Caption yang kreatif akan meningkatkan daya tarik produk kamu.

12. Menggunakan Hashtag Relevan

Gunakan hashtag yang relevan dengan produk. Hashtag dapat membantu produk kamu lebih cepat ditemukan oleh calon pembeli.

13. Menambahkan Link Pembelian di Bio

Pastikan untuk menambahkan link pembelian di bio TikTok kamu untuk memudahkan calon pembeli mengakses katalog produk.

14. Menawarkan Promo Menarik

Tawarkan promo yang menarik kepada pelanggan potensial, seperti diskon atau gratis ongkir.

15. Mempromosikan Melalui TikTok Ads

Kamu juga dapat memanfaatkan fitur iklan TikTok (TikTok Ads) untuk lebih efektif mencapai calon pembeli.

16. Kerja Sama dengan Influencer

Kerja sama dengan influencer terkenal (endorsement) dapat membantu mempromosikan produk kamu.

17. Konsisten dalam Posting

Penting untuk tetap konsisten dalam memposting produk agar mendapatkan perhatian lebih besar dan muncul di halaman utama (For You Page) TikTok.

Tips Jualan di TikTok

Setelah memahami cara berjualan di TikTok, langkah selanjutnya adalah memahami tips-tips yang dapat meningkatkan popularitas produk yang di jual di TikTok Shop. Berikut ini ada tiga saran berjualan di TikTok yang dapat kamu terapkan:

1. Memahami Mekanisme TikTok

TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang menekankan pada berbagi konten video dengan durasi singkat, mulai dari 15 detik hingga 3 menit. Salah satu strategi untuk menjual dengan sukses di TikTok adalah membuat video produk yang singkat dan dilengkapi dengan musik yang sedang tren atau populer di kalangan pengguna TikTok.

2. Bekerja Sama dengan Influencer

TikTok Kerja sama dengan influencer TikTok dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak konsumen, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesadaran merek dan penjualan di toko. Pastikan untuk memilih influencer yang memiliki konten sejenis dengan produk yang di jual.

3. Promosi Melalui Live TikTok

Memanfaatkan fitur Live TikTok Shop memungkinkan kamu berinteraksi langsung dengan para pengguna TikTok sebagai penjual. Biasanya, kamu dapat memberikan diskon khusus selama sesi Live. Hal ini mendorong minat pembeli untuk melakukan pembelian pada saat itu juga, karena mereka tertarik dengan penawaran yang diberikan dalam sesi Live.

TikTok telah berkembang menjadi lebih dari sekadar platform tarian dan hiburan. Fitur TikTok Shop telah memungkinkan pengguna dan pelaku bisnis untuk menjual produk dengan mudah dan efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah seperti pendaftaran, pengisian informasi toko, pengunggahan produk, dan penggunaan strategi pemasaran seperti konten video singkat, kerja sama dengan influencer, dan promosi melalui Live TikTok, kamu memiliki peluang untuk mencapai penjualan yang sukses di TikTok Shop. Memahami karakteristik unik TikTok dan beradaptasi dengan gaya komunikasi yang digunakan di platform ini merupakan kunci kesuksesan dalam berjualan di dunia digital yang semakin berkembang. Semoga informasi tentang Cara Jualan di TikTok ini dapat bermanfaat.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology