Cara Melihat Tipe Laptop
Tips

6 Cara Melihat Tipe Laptop dengan Mudah dan Praktis

Cara Melihat Tipe Laptop – Dalam dunia teknologi, laptop merupakan salah satu perangkat yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Laptop tidak hanya digunakan untuk keperluan kerja, tetapi juga untuk hiburan, belajar, dan berbagai aktivitas lainnya. Namun, tidak semua orang paham betul tentang laptop yang mereka gunakan. Salah satu hal yang sering ditanyakan adalah bagaimana cara melihat tipe laptop.

Melihat tipe laptop sangat penting, terutama bila kamu ingin melakukan upgrade atau perbaikan pada laptop. Dengan mengetahui tipe laptop, dapat memastikan bahwa kamu mendapatkan spare part yang sesuai dengan laptop kamu.

Cara Melihat Tipe Laptop

Berikut beberapa metode dan langkah-langknya cara melihat tipe laptop yang dapat kamu lakukan:

1. Mencari Informasi di Kardus atau Stiker Laptop

Cara pertama yang paling mudah untuk melihat tipe laptop dengan mencari informasi di kardus laptop atau stiker yang ada di bagian bawah laptop. Informasi yang kamu cari biasanya tertera dengan jelas di sana. Namun, jika stiker tersebut sudah buram atau terkelupas, ada cara lain yang bisa kamu coba.

2. Menggunakan CMD (Command Prompt)

Cara lain yang bisa kamu gunakan dengan menggunakan Command Prompt (CMD) di Windows.

  • Buka Run atau tekan tombol Windows+R.
  • Ketik CMD, lalu klik OK.
  • Akan muncul jendela CMD. Ketik systeminfo dan tekan Enter.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Nantinya akan muncul informasi lengkap mulai dari Windows yang dipakai sampai seri laptop. Seri laptop dapat dilihat di bagian System Model.

3. Menggunakan DXDIAG (Direct Diagnostic)

Cara lain yang bisa digunakan dengan menggunakan DXDIAG, fitur yang sudah disediakan oleh Windows.

  • Buka “Run” dengan menekan tombol “Windows + R”, lalu ketik “dxdiag” dan tekan Enter.
  • Di jendela DXDIAG yang muncul, pilih tab “System” untuk melihat informasi tentang laptop kamu, termasuk tipe dan seri.

4. Menggunakan BIOS

BIOS merupakan sebuah sistem yang tertanam di laptop dan dibuat khusus untuk memberikan informasi mengenai perangkat bagi penggunanya. Pada BIOS ini, kamu bisa melihat berbagai informasi termasuk tipe laptop. Berikut cara masuk BIOS untuk melihat tipe laptop:

  • Restart laptop kamu.
  • Saat layar boot muncul, tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke BIOS. Tombol ini bisa berbeda-beda tergantung merek laptop kamu, seperti ESC, F1, F2, F8, atau Del.
  • Setelah masuk ke BIOS, cari menu “System Information” atau yang serupa. Di sini, kamu akan menemukan informasi tentang tipe dan seri laptop.

5. Menggunakan System Information

Kamu juga bisa melihat tipe laptop melalui fitur System Information di Windows.

  • Untuk Windows 10, klik Start Menu, cari “System Information”, pilih “System Summary”, dan perhatikan bagian “System Model”.
  • Untuk Windows 8, cari “msinfo32” dan perhatikan informasi pada bagian “System Model”.
  • Untuk Windows 7, cari “System Information” dan perhatikan informasi pada bagian “System Model”.

6. Menggunakan Aplikasi Speccy

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk mengecek spesifikasi dan informasi tentang tipe laptop. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Speccy. Aplikasi ini direkomendasikan karena ringan, gratis, dan memberikan informasi yang lengkap. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari situs resminya di link https://www.ccleaner.com/speccy atau dari situs-situs tepercaya yang menyediakan berbagai jenis perangkat lunak gratis. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, kamu dapat langsung memeriksa informasi tentang tipe dan model laptop dengan membuka halaman utama Speccy.

Melihat tipe laptop sebenarnya tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas untuk melihat tipe laptop. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, terimakasih.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology