Cara Screenshot HP Infinix
Tips

Inilah 3 Cara Screenshot HP Infinix

Cara Screenshot HP Infinix – Penggunaan smartphone tidak hanya sebatas untuk berkomunikasi atau menjalankan aplikasi, tetapi juga untuk mengabadikan momen atau informasi penting melalui tangkapan layar atau screenshot. Bagi pengguna HP Infinix, ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot dengan mudah dan praktis.

Cara Screenshot HP Infinix

HP Infinix dilengkapi dengan berbagai metode untuk mengambil screenshot, memungkinkan pengguna untuk memilih cara yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Berikut ini tiga metode utama yang bisa digunakan:

1. Screenshot dengan Gestur Tiga Jari

Salah satu fitur unggulan dari HP Infinix karena kemampuan untuk mengambil screenshot hanya dengan menggunakan tiga jari. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan di HP Infinix.
  • Setelah masuk ke aplikasi Pengaturan, cari dan pilih opsi Micro Intelligence.
  • Aktifkan fitur ‘Ambil Tangkapan Layar dengan 3 Jari’ dengan menggeser saklar atau centang kotak yang sesuai dengan nama opsi ini.
  • Sekarang, pilih layar atau aplikasi yang ingin di ambil screenshot-nya. Geser tiga jari dari bagian atas layar ke bawah dengan lembut.
  • Secara otomatis, HP Infinix akan mengambil screenshot dan menyimpannya ke galeri foto Anda. Anda dapat mengakses screenshot ini kapan saja sesuai kebutuhan.

Metode ini sangat berguna karena memungkinkan pengguna mengambil screenshot hanya dengan gerakan sederhana, tanpa perlu mencari tombol khusus atau mengganggu layar dengan jari yang lain.

2. Screenshot dengan Kombinasi Tombol Fisik

Metode ini umumnya digunakan di hampir semua smartphone, termasuk HP Infinix. Berikut caranya:

  • Mulailah dengan menentukan posisi layar atau aplikasi yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  • Secara bersamaan, tekan dan tahan tombol Power (biasanya terletak di sisi kanan atau atas perangkat) dan tombol Volume Bawah (biasanya terletak di sisi kiri atau bawah perangkat) selama beberapa detik.
  • Setelah beberapa detik menahan kedua tombol tersebut, kamu akan melihat notifikasi visual bahwa screenshot telah berhasil diambil. Biasanya, layar akan berkedip sebentar atau ada suara shutter yang terdengar.
  • Hasil screenshot akan otomatis tersimpan di galeri HP Infinix, kamu bisa membuka galeri untuk melihat dan mengedit hasil tangkapan layar ini.

Cara ini yang cepat dan efektif untuk mengambil screenshot di HP Infinix, terutama jika terbiasa dengan metode ini dari pengalaman menggunakan smartphone sebelumnya.

3. Screenshot dengan Smart Panel

Terakhir, kita akan membahas metode menggunakan Smart Panel untuk mengambil screenshot di HP Infinix. Smart Panel merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai fungsi hanya dengan menggeser panel samping perangkat. Berikut ini langkah demi langkahnya:

  • Seperti pada dua metode sebelumnya, buka aplikasi Pengaturan di HP Infinix kamu.
  • Cari dan pilih opsi Smart Panel di dalam menu Pengaturan.
  • Di dalam opsi Smart Panel, kamu akan menemukan saklar atau tombol untuk mengaktifkan fitur ini. Geser atau aktifkan saklar tersebut di pojok kanan atas layar.
  • Setelah fitur diaktifkan, kamu bisa langsung menggunakan Smart Panel untuk mengambil screenshot. Caranya adalah dengan menggeser Smart Panel ke arah layar yang ingin di ambil screenshotnya.
  • Saat Smart Panel mencapai area yang ingin kamu ambil, klik atau sentuh ikon Screenshot yang biasanya berupa gambar gunting atau ikon serupa.
  • Secara otomatis, hasil screenshot akan tersimpan di galeri HP Infinix, kamu bisa membuka galeri untuk melihat dan mengelola hasil tangkapan layar ini.

Metode yang sangat cocok untuk pengguna yang menyukai interaksi visual langsung dengan layar, serta memudahkan untuk mengambil screenshot dari area layar yang spesifik.

Selain menggunakan metode-metode di atas, ada beberapa tips tambahan yang bisa meningkatkan pengalaman pengambilan screenshot di HP Infinix:

  • Setelah mengambil screenshot, HP Infinix biasanya dilengkapi dengan editor bawaan yang memungkinkan kamu untuk langsung mengedit screenshot sebelum disimpan. Ini sangat berguna jika perlu menyorot atau menandai bagian tertentu dari screenshot.
  • Tidak ada aturan yang mengharuskan kamu menggunakan hanya satu metode. Cobalah kombinasi metode yang berbeda untuk menemukan yang paling nyaman dan efisien bagi diri kamu.
  • Selain untuk mengambil screenshot, beberapa perangkat Infinix juga memiliki fitur tambahan seperti screenshot berukuran panjang atau opsi untuk merekam layar dalam bentuk video. Eksplorasi fitur ini untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan perangkat.

Semoga tips ini bermanfaat dan membantu dalam memaksimalkan penggunaan perangkat smartphone Infinix. Terus eksplorasi dan manfaatkan fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh HP Infinix untuk pengalaman yang lebih baik dalam berkomunikasi dan beraktivitas di dunia digital.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology