Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Infinix
Tips

Panduan 2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Infinix

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Infinix – HP saat ini bukan lagi hanya sekadar alat komunikasi, tapi juga menjadi pusat segala aktivitas kita sehari-hari. Mulai dari bertransaksi, mengobrol, hingga menyimpan data pribadi yang penting. Namun, tak jarang kita memiliki aplikasi atau data yang ingin kita jaga kerahasiaannya dari orang lain. Untuk mengatasi hal ini, HP Infinix hadir dengan beberapa fitur keamanan, salah satunya adalah kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi secara efektif.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Infinix

Kita akan membahas secara mendalam cara menyembunyikan aplikasi di HP Infinix menggunakan fitur bawaan seperti XHide dan Icon Cache.

Menggunakan XHide

XHide merupakan salah satu fitur yang sangat berguna untuk menyembunyikan berbagai aplikasi serta file penting di HP Infinix. Fitur ini terintegrasi dalam aplikasi Phone Master, yang mana fungsinya tidak hanya untuk optimasi performa HP tetapi juga untuk menjaga privasi penggunanya.

1. Buka Aplikasi Phone Master

Pertama-tama, pastikan aplikasi Phone Master sudah terinstal di HP Infinix kamu. Buka aplikasi ini untuk memulai proses penyembunyian aplikasi.

2. Akses Fitur XHide

Di dalam aplikasi Phone Master, cari dan pilih fitur XHide. Fitur ini biasanya terletak di bagian “Privacy and Security” atau sejenisnya.

3. Buat Kata Sandi

Untuk memulai menggunakan XHide, kamu akan diminta untuk membuat kata sandi. Kata sandi ini berfungsi sebagai kunci untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan. Pastikan kata sandi yang di buat cukup aman dan mudah diingat, tetapi sulit ditebak oleh orang lain.

4. Atur Pertanyaan Keamanan

Setelah membuat kata sandi, XHide akan meminta kamu untuk menentukan pertanyaan keamanan dan jawabannya. Ini penting untuk membantu mengembalikan akses jika lupa kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya.

5. Pilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Sekarang, kamu dapat mulai memilih aplikasi atau file foto/video yang ingin disembunyikan dari layar utama HP. XHide memungkinkan untuk menyembunyikan berbagai jenis aplikasi, mulai dari media sosial hingga aplikasi perbankan, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

6. Selesai

Setelah selesai memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, klik tombol “Hide” atau “Sembunyikan” untuk mengaplikasikan pengaturan tersebut. Aplikasi yang dipilih akan hilang dari layar utama HP, sehingga tidak akan terlihat oleh orang lain yang memegang HP Anda.

Sedangkan cara mengembalikan aplikasi yang tersembunyi berikut langkahnya:

    • Buka kembali aplikasi Phone Master.
    • Buka fitur XHide dan cari opsi untuk “Unhide” atau “Tampilkan”. Pilih aplikasi yang ingin kamu kembalikan dengan menghilangkan tanda centang di depannya.
    • Setelah selesai, aplikasi tersebut akan kembali muncul di layar utama HP Infinix dengan normal.

    Menggunakan Icon Cache

    Selain XHide, HP Infinix juga menyediakan fitur Icon Cache yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara yang lebih sederhana.

    1. Tekan dan Tahan Layar HP

    Di layar utama HP Infinix, tekan dan tahan area kosong di layar tersebut. Ini akan membuka opsi untuk mengelola layar utama.

    2. Akses Menu “Icon Cache” atau “Hide Apps”

    Pilih opsi yang menampilkan “Icon Cache” atau “Sembunyikan Aplikasi”. Biasanya, kamu dapat menemukan opsi ini dengan menggeser ke kanan atau ke kiri di layar utama HP.

    3. Pilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

    Setelah masuk ke menu Icon Cache, kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di HP Infinix. Centang aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan dari layar utama HP.

    4. Selesai

    Setelah selesai memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, tekan tombol “Done” atau “Selesai” untuk menyimpan pengaturan tersebut. Aplikasi yang dipilih akan otomatis disembunyikan dari layar utama HP Infinix.

    Untuk Mengembalikan Aplikasi yang Tersembunyi dengan Icon Cache, berikut ini caranya:

      • Kembali ke menu yang sama.
      • Hilangkan centang di depan aplikasi yang ingin Anda tampilkan kembali di layar utama HP.
      • Aplikasi tersebut akan kembali muncul dan dapat diakses seperti biasa oleh pengguna HP Infinix.

      Semoga tips Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Infinix dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

      Baca juga:

      Bambang Niko Pasla

      A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology